Sebelum Bergabung, Ketahui Dulu Keuntungan Dan Kerugian Bisnis Multilevel Marketing

Dan jika keduanya saling dusta dan tertutup, niscaya akan dicabut keberkahan transaksinya. Dalam transaksi ini terdapat penipuan, pengaburan dan penyamaran terhadap manusia. Dari sisi penampakan produk, seakan-akan itulah tujuan dalam transaksi, padahal kenyataannya tidak demikian. Para korban mengaku bahwa hanya menuntut uang pendaftaran tersebut dikembalikan secara utuh saja. “Terkait janji maupun bonus lain-lainnya, kami tidak memintanya. Yang penting uang Rp three juta sebagai syarat pendaftaran tersebut dikembalikan,” imbuhnya.

Mengikuti bisnis MLM

Dalam mannequin bisnis MLM, bonus merekrut anggota biasanya jauh lebih besar daripada bonus yang berasal dari manfaat produk yang didapatkan. Sementara itu, standing barang/produk yan dijual perusahaan kepada konsumen hanyalah sebatas kedok, karena barang bukanlah tujuan orang yang ikut dalam jaringan tersebut. Dengan demikian, keberadaan barang tidak mempengaruhi hukum . • Seseorang yang bertujuan membeli produk saja tanpa ambil peduli dengan bonus yang dijanjikan perusahaan MLM karena ia merasa cocok dengan produknya. Memang banyak perusahaan MLM yang menyarankan membuat daftar one hundred orang dikenal untuk diikutsertakan, tapi perlu diketahui bahwa sebagian besar pelaku MLM sukses memiliki sedikit teman dan keluarga dalam bisnis mereka.

Tika juga sudah sejak taun 1990 mengenal bisnis sistem jaringan, dan bahkan waktu itu Amway belum masuk Indonesia. Pada saat itu Tika sebagai account executive di perusahaan Unilever yang memiliki produk-produk yang di pasarkan secara sistem MLM. “Produk Unilever yang di pasarkan secara MLM itu tidak ada di jual di toko-toko atau di pasaran umum. Pada tahun 1995 Amway masuk Indonesia, dan saya ingat sekali, ketika itu mertua saya pun begitu heboh dan turut join di MLM Amway,”ucap Tika mengenangnya. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan downline untuk melebih upline-nya.

Ketiga, rancangan pemasarannya menghasilkan bonus atau komisi dan penghargaan lainnya berdasarkan dari kegiatan tertentu. Keempat, pada dasarnya produk bisa didapatkan secara free of charge atau dalam kasus lain harga produk jauh lebih murah atau dalam kasus lain manfaat produk tidak sesuai dengan apa yang diiklankan. Jika ada seseorang yang memakai produk MLM namun tidak ikut menjalankan sistem bisnis tersebut, maka dapat dipastikan jika produk tersebut berkualitas serta sistem perusahaan juga baik.

Bisnis MLM membuat banyak orang tidak ingin berusaha memutar modal. Padahal butuh modal yang besar untuk usaha dalam sektor riil. Seluruh penjualan produk Multi Level Marketing akan dilakukan secara langsung. Lalu untuk bisnis biasa, pihak pembeli baru akan mendapat produk berdasarkan keinginan jika berbelanja di toko tertentu.